Investasi Start Up di Bali

Bali Swalayan

Bali Swalayan adalah sebuah platform yang bertujuan untuk memudahkan turis (note: secara garis besar adalah pengunjung suatu tempat wisata baik itu yang bertujuan untuk berwisata, perjalanan dinas ataupun sekedar singgah atau transit disuatu daerah) untuk mendapatkan suvenir atau oleh-oleh khas daerah tempat wisata itu berada.

Cara kerja:

  • Turis hanya perlu berbelanja di website baliswalayan.com (note: aplikasi android dan iphone sementara belum dikembangkan karena belum ada pendanaan)
  • Setelah selesai memilih dan checkout produk (oleh-oleh), list produk akan masuk ke backend website dan di konfirmasi kembali oleh bagian admin
  • Pembayaran bisa dilakukan di tempat (COD) ataupun transfer
  • Produk yang telah dipilih akan langsung diantarkan oleh kurir ke alamat yang telah ditentukan oleh pembeli, produk bisa dikirimkan ke hotel/villa tempat turis menginap ataupun langsung ke rumah untuk mengurangi berat bagasi

Produk yang dijual dan asal produk:

Secara garis besar produk yang dijual adalah suvenir atau oleh-oleh khas daerah tempat wisata itu berada. Suvenir atau oleh-oleh berasal dari pengrajin yang ada disekitar tempat wisata sehingga keberadaan Bali Swalayan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan juga memperoleh produk yang original khas dari daerah tersebut.

Masalah yang diselesaikan dengan adanya Bali Swalayan:

  • Bali Swalayan memudahkan turis atau pengunjung suatu tempat wisata untuk mendapatkan suvenir atau oleh-oleh khas daerah tempat wisata tersebut berada
  • Bali Swalayan membantu pengrajin asli (daerah wisata tersebut berada) untuk meningkatkan penjualan kerajianannya, pembeli bias berasal dari luar kota , luar pulau maupun luar negeri

Contoh kasus:

  • Bapak Rudi sedang melakukan perjalanan bisnis di Bali dan Ibu Rina juga sedang melakukan perjalanan wisata ke Bali, jadwal kegiatan mereka di Bali ternyata cukup padat. Bapak Rudi disibukkan dengan agenda seminar dan pertemuan, sedangkan Ibu Rina disibukkan dengan agenda grup wisatanya, keduanya sama-sama tidak memiliki waktu untuk berbelanja suvenir atau oleh-oleh khas Bali, padahal keluarga di rumah sudah menunggu untuk dibawakan oleh-oleh. Dengan adanya Bali Swalayan Bapak Rudi dan Ibu Rina tidak perlu khawatir, mereka bisa memesan suvenir atau oleh-oleh dari hotel dan langsung diantarkan ke tempat mereka berada sehingga mereka tetap bisa fokus pada kegiatan mereka selama di Bali.
  • Bapak Made adalah seorang pembuat kerajinan tangan khas Bali, Bapak Made memiliki keluhan bahwa penjualannya dari tahun ke tahun kian menurun. Jumlah tamu yang datang ke rumahnya untuk melihat produk juga semakin sepi, sedangkan Bapak Made tidak memiliki toko dan kurang cakap dalam memanfaatkan teknologi. Dengan adanya Bali Swalayan Bapak Made tidak perlu khawatir lagi karena tugas pemasaran kini dilakukan oleh tim Bali Swalayan sehingga Bapak Made bisa fokus membuat untuk membuat kerajinan tangan.

Sistem Profit:

Profit atau keuntungan didapatkan dari selisih penjualan dari harga beli produk dengan harga jual produk. besaran keuntungan bervariasi, tergantung kepada jenis produk dan jumlah pesanan pembeli.

Harapan:

Sebagai founder dari Bali Swalayan saya sangat berharap agar suatu saat konsep dari Bali Swalayan ini bisa ada di setiap lokasi pariwisata di Indonesia, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan jumlah wisatawan didaerah tersebut.

Kabar Terkini:

Bali Swalayan dimulai pada tahun 2015 dan kini sudah ada di 3 kota, yaitu Denpasar, Gilimanuk dan Banyuwangi. Konsep bisnis Bali Swalayan sudah terbukti bisa diadaptasikan di setiap daerah dan sudah terbukti menghasilkan keuntungan atau profit.

Denpasar, 12.12.2019

Ariv Mj

www.baliswalayan.com

Telp: 08123.606.544

×
%d blogger menyukai ini: